Senin, 28 Januari 2013

MANFAAT OUTBOUND

Outbound, bukan sekedar permainan atau hanya pergi ke suatu tempat dan “membeli tiket masuk” lalu sekedar “bermain-main” di alam terbuka, kegiatan outbound harus di dampingi atau dipandu oleh instruktur yang memiliki pengetahuan yang mumpuni di bidang pengembangan sumber daya manusia, ilmu pengetahuan, wawasan dan pengalaman mengenai aspek organisasi dan manajemen, ekonomi, sekaligus psikologi.




Banyak manfaat yang bisa di dapatkan dari kegiatan outbound antara lain melatih percaya diri untuk menghadapi segala ujian dan rintangan dalam kehidupan, meningkatkan rasa kebersamaan, rasa memiliki dan rasa percaya diri dalam menghadapi tantangan pekerjaan.

Beberapa manfaat dari kegiatan outbound adalah :

Manfaat bagi anak, wahana outbound bisa  melatih keberanian dan kemandirian juga melatih tingkat kecerdasan anak. Selain itu juga melatih psikomotorik agar anak lebih cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan alam bebas dan mencintai alam.

Outbound dapat dipakai sebagai alat untuk melihat kemampuan dan perkembangan anak baik secara fisik maupun mental juga memacu kreatifitas dan kemampuan berfikir.

Dengan wahana outbound yang dibuat sedemikian rupa menjadikan anak melakukan aktifitas yang tidak hanya sekedar bermain tetapi mereka dituntut untuk berusaha dan mampu untuk memecahkan suatu permasalahan.



 Manfaat bagi karyawan/pegawai, adalah:
  • Meningkatkan kualitas interaksi, komunikasi, keakraban, kebersamaan dan kesadaran kerjasama.
  • Meningkatkan motivasi diri dalam bekerja yang disinergikan dengan tujuan kelompok dan organisasi.
  • Meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif pada individu.
  • Meningkatkan kinerja team yang solid dalam lingkungan pekerjaan.
  • Melatih kemampuan mengambil keputusan yang efektif dalam situasi sulit.
  • Menumbuhkan keberanian dan rasa percaya diri dalam menghadapi pekerjaan dan mengatasi  resiko.
  • Menumbuhkan jiwa kepemimpinan diri dan kelompok.
  • Menumbuhkan dan meningkatkan komitmen bersama untuk maju dan meningkatkan kinerja.

Outbound biasanya dilaksanakan di tempat yang memiliki akses ke alam terbuka atau minimal di lokasi yang memiliki area yang luas untuk beraktifitas bebas.  
Buatlah tema outbound bila ingin kegiatan outbound sukses maka harus diketahui tujuan yang ingin diraih oleh tim dalam kelompok atau organisasi dalam pelaksanaan outbound, komunikasikan pada pemandu/instruktur penyedia jasa outbound untuk merumuskan tujuan yang ingin dicapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar